DGD Menyatakan Solidaritasnya Kepada Jemaat GKI Yasmin

image

 

Moderator Pusat Dewan Gereja-gereja se-Dunia (DGD)
Mengunjungi Indonesia dan Menyatakan Solidaritasnya
Terhadap Jemaat GKI Taman Yasmin
 
P R E S S     R E L E A S E

Jakarta, 11 Oktober 2011.  Moderator Pusat Dewan Gereja-gereja se-Dunia (DGD), Pendeta Dr. Walter Altmann, dari Brazil, mengunjungi Indonesia dari tgl 2 s/d 11 Oktober 2011. Selain berpartisipasi pada pertemuan Global Christian Forum yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara, ia juga berkesempatan mengunjungi gereja-gereja anggota DGD di Jakarta, dalam program yang difasilitasi oleh Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).
Pada hari terakhir kunjungannya, Pdt. Dr W. Altmann berkunjung ke Bogor, untuk menyatakan solidaritas dari seluruh gereja-gereja anggota DGD pada jemaat GKI Taman Yasmin, yang dilarang untuk beribadah di gereja mereka dan yang proses pembangunannya dihentikan – meskipun telah memiliki hak konstitusional mereka untuk melakukan ibadah dan diakui oleh Mahkamah Agung. Dalam keadaan tersebut, jemaat GKI Taman Yasmin berkumpul setiap minggu untuk beribadah di pinggir jalan di depan bangunan tersebut. Hingga pada minggu lalu, hal itupun telah dilarang oleh pemerintah lokal dan dibubarkan paksa oleh pasukan Satpol PP.
Saat mengunjungi lokasi tersebut, Pdt. Dr. Walter Altmann menyatakan: "Kunjungan
solidaritas saya terhadap Gereja GKI Taman Yasmin merupakan bagian dari Komitmen tak tergoyahkan Dewan Gereja se-Dunia untuk menghormati semua keyakinan dan praktik keagamaan, terutama ibadah, dari semua agama di dunia. Kami telah menentang dan akan terus melawan setiap tindakan hukum atau administrasi yang membatasi hak umat Muslim untuk mempraktekkan iman mereka di negara-negara Barat. Dan kami melihat Indonesia sebagai model untuk pluralisme agama-agama, dimana hubungan yang saling menghormati dan kerjasama antara umat Kristen dan Muslim bisa dipupuk. Dalam hal ini, adalah harapan kami bahwa larangan ibadah untuk GKI Taman Yasmin dapat dibatalkan, dengan dasar dialog damai. Kami juga menyerukan kepada pemerintah daerah, serta pemerintah pusat Republik Indonesia untuk menerapkan tanpa penundaan dan tanpa pembatasan keputusan dari Mahkamah Agung. Dengan ini kami juga menyerukan solidaritas dari gereja-gereja di seluruh dunia."
________________________________________________________________________
Dewan Gereja-gereja se-Dunia mempromosikan iman kristen dalam kesatuan, kesaksian dan pelayanan demi keadilan dan perdamaian dunia. DGD adalah persekutuan ekumenis gereja-gereja yang didirikan pada 1948, sekarang DGD menyatukan 349 organisasi gereja Protestan, Ortodox dan Anglikan dan gereja-gereja lainnya yang mewakili lebih dari 560 juta orang kristen di lebih dari 110 negara, dan bekerja sama dengan Gereja Katolik Roma. Kantor Pusat DGD di Jenewa, Switzerland.

 

Tue, 11 Oct 2011 @14:21


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia · All Rights Reserved
powered by sitekno