Undangan Konsultasi Nasional Pemuda Gereja dan Politik

image

Sejak masa perjuangan kemerdekaan dan awal kemerdekaan Indonesia, pemuda Gereja menempatkan diri sebagai pelaku sejarah yang memiliki pengaruh luar biasa, sebut saja Johanes Laimena, Amir Syarifudin, Maria Walanda Maramis, Frans Kaisepo, TB Simatupang, dll. Tentu kehadiran mereka adalah bukti bahwa kesempatan memperjuangkan Negara Indonesia dapat dimiliki siapapun tanpa terkecuali.

Gereja dan Politik pada masa lampau mengalami perjumpaan yang mencerahkan kehidupan bangsa Indonesia. Sangat disayangkan saat ini harapan besar dalam perjuangan mengisi kemerdekaan diperhadapkan dengan tantangan makin mengendurnya semangat kesatuan negara Republik Indonesia. Hal ini dapat ditandai dengan menguatnya politik identidas dari kelompok “mayoritas” melalui kehadiran ragam produk hukum UU, Perpu, Peraturan Daerah, dll.

Gereja dan komunitas Kristen di Indonesia tidak boleh teralienasi dari berbagai masalah besar yang sedang dihadapi oleh bangsa ini. Sejak dulu dan sampai saat ini seharusnya tanggugjawab politik Gereja harus mengacu pada tercapainya pemerintahan yang menjalankan good governance, yang menegakkan sendi-sendi demokrasi ekonomi, yang menjunjung supremasi hukum dan terwujudnya keadilan, dan yang memberi ruang bagi keberagaman agama dan budaya. Karena itu kami mengundang Mitra Pemuda MPL PGI untuk hadir dalam Konsultasi Nasional Pemuda Gereja dan Politik  yang akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal     : Kamis s.d Sabtu, 27-29 Oktober 2011

Tempat            : Aula GTM, Mamasa Sulawesi Barat

Pembicara        :

  1. Pdt. Dr. IP Lambe: “Peran Pemimpin Gereja dalam perubahan sosial dan politik”.
  2. Pdt. Saut Sirait M,Th dan  Rekson Silaban: “Kiprah Pemuda dalam Politik: Tantangan dan Peluang”.
  3. Gregorius Seto Haryanto, Idealisman Dachi dan Drs. Mathias Mairuma: “Carut Marut Demokrasi Lokal: Integrasi Kebangsaan dan Aspirasi Rakyat”.
  4. Ray Rangkuti “Realitas Politik Dalam Kaitan Dengan Korupsi”.
  5. Jerry Sumampouw, Maruarar Sirait dan Vanda Sarundajang: “Revisi UU Paket Politik dan Masa Depan Demokrasi”.
  6. Rudiyanto SH: “Politik Hukum di Indonesia”.
  7. Pdt. Dr. IP Lambe, Vanda Sarundajang, Irianus Rohi SH, Pdt Calvin Kalombo, Drs. Alex Palinggi: “Sharing: Pengalaman dan Tantangan (Pemuda) di Parlemen DPR/DPD/DPRD”.

Demikian undangan ini kami sampaikan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Departemen Pemuda dan Remaja PGI, No tlp : (021) 3150451, 3150455 dan fax : (021) 3150457, Frangky Tampubolon. HP.0813.8072.8136; email: deperapgi@gmail.com, frangky_tampubolon@yahoo.com.

Thu, 13 Oct 2011 @14:36


2 Komentar
image

Mon, 17 Oct 2011 @16:18

suryati marpaung

Acara yang bagus sayang sy bukan pemudi lagi.

image

Fri, 21 Oct 2011 @12:08

Hida Diyanto

Sebuah acara yang menarik, mengingatkan saya dan mahasiswa UKSW pada saat Reformasi menyerahkan dokumen berisi pokok-pokok pikiran Reformasi Nasional yang diterima Fraksi ABRI. Tapi sayang tempat yang jauh membuat aku kesulitan menjangkaunya.


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia · All Rights Reserved
powered by sitekno