Pelatihan Kepemimpinan: Manajemen Strategis dan Perencanaan

image

Saat ini PGI c.q Bid. Koinonia sedang menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan fokus pada Manajemen Strategis dan Perencanaan. Kegiatan yang sementara berlangsung di Sentul Leadership Development Center ini diikuti oleh 21 pemimpin Sinode dan PGIW, antara lain dari: GKPA, GMI, GPSI, GKPI Siantar, GKPI Tarakan - Kalimantan, GMIH - Halmahera, GKMI,  GKPM -Mentawai, GKJTU, HKBP, GKO, BNKP - Nias, AMIN - Nias, GKLB - Luwuk Banggai, Gereja Toraja, GMIBM - Bolaang Mongondow, PGI Wilayah Kalimantan Timur, PGI Wilayah DKI Jaya dan PGI Wilayah Banten. Pelatihan ysng dimulai 16 Oktober 2011 ini rencananya akan berlangsung sampai dengan 22 Oktober 2011.
 
Pelatihan kepemimpinan merupakan bagian dari program Pendidikan Kader Oikoumene bertujuan untuk menyiapkan calon-calon pemimpin gereja yang berkualitas, baik dari segi karakter maupun spiritual. Pendidikan Kader Oikoumene bukanlah gagasan baru di lingkungan gereja-gereja, lembaga-lembaga gerejawi dan lembaga-lembaga keumatan kristiani. Perkembangan-perkembangan baru menuntut penataan yang lebih komprehensif dan strategis. Penyiapan kader oikoumene dilaksanakan dari waktu ke waktu karena fungsi garam dan terang dari Gereja dan Umat Kristen tidak akan pernah berubah sampai kesudahan zaman. Sesungguhnya kehadiran Gereja dan Umat Kristen seharusnya menjadi berkat bagi dunia sekitarnya. Karena itu penyiapan kader oikoumene dipahami sebagai bagian integral dari tugas panggilan Gereja dan Umat Kristen di semua tempat dan sepanjang waktu serta dilaksanakan secara sistemik: konseptual, terarah, terpadu, berkesinambungan dan mengacu pada prinsip-prinsip manajerial pengkaderan.
 
Pelatihan Kepemimpinan, kali ini  difokuskan bagi para pimpinan gereja. Pimpinan gereja perlu dibekali dan dilengkapi dengan pengetahuan yang luas mengenai ilmu kepemimpinan, di antaranya: strategi manajemen, bagaimana membuat perencanaan yang strategis, bagaimana mengelola pertemuan-pertemuan, bagaimana mengelola konflik internal, bagaimana melakukan negosiasi, managemen dan transformasi konflik, dan juga tidak kalah pentingnya bagaimana mengelola keuangan gereja.   
 
 
Kurikulum dari pelatihan kepemimpinan ini meliputi:
  1. Pandangan Alkitabiah tentang Kepemimpinan
  2. Up date situasi terkini kehidupan lintas agama sebagai konteks gereja-gereja
  3. Dasar Manajemen Strategi
  4. Perumusan Strategi
  5. Komunikasi Efektif
  6. Implementasi Perencanaan Strategi
  7. Manajemen Rapat (Membuat Rapat/Pertemuan menjadi Efektif)
  8. Etos Kerja, Personal Skill
  9. Negosiasi Efektif
  10. Manajemen Waktu dan Delegasi
  11. Manajemen Keuangan Gereja
  12. Kepemimpinan yang digerakkan oleh Visi
  13. Marketing the Church
  14. Managemen transformasi konflik
  
Diharapkan lewat Pelatihan Kepemimpinan ini dapat dihasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas baik dari segi karakter maupun spiritual.
(Olvi Prihutami -Sekretaris Eksekutif Bidang Koinonia PGI)

Tue, 18 Oct 2011 @12:17


1 Komentar
image

Wed, 19 Oct 2011 @11:31

okto jiwanto

smga para tokoh grj (khususx bgi sdr2 yg sdh mengikuti kgtn plthn manjemn) memiliki jwa oikumene shg khdran grj d bumi Indonesia dpt mnjiwai doa Tuhan Yesus spy "satu adanya"


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia · All Rights Reserved
powered by sitekno