Konsultasi Nasional POUK 2011

image

Bidang Koinonia PGI pada 22-24 November 2011 menyelenggarakan Konsultasi Nasional Persekutuan Oikoumene Umat Kristen (POUK) 2011 di Pondok Remaja PGI, Cipayung, Bogor, Jawa Barat. Tema Konas POUK ini mengacu pada tema PGI: "Tuhan Itu Baik Kepada Semua Orang" dan subtemanya: "Memperkuat Persekutuan, Merawat Kemajemukan, dan Memelihara Lingkungan."

Sidang Majelis Pekerja lengkap (MPL) PGI yang berlangsung di Tobelo-Halmahera, 4-7 Februari 2011 telah menetapkan salah satu program PGI melalui Bidang Koinonia adalah melaksanakan Konsultasi Nasional (Konas) POUK. KONAS POUK 2011 ini merupakan tindak lanjut dari KONAS POUK 2009, dan mengevaluasi Ketetapan Bersama Gereja-gereja tentang Persekutuan Oikuemene.

Persekutuan Oikumene Umat Kristen (POUK) di Indonesia adalah persekutuan dari warga jemaat yang berdomisili di tempat-tempat pemukiman penduduk maupun di kompleks-kompleks TNI-POLRI dan Perusahaan. Warga jemaat ini sangat heterogen sehingga persekutuan mereka bersifat interdenominasi. Dengan demikian jemaat POUK ini perlu mendapat wilayah pembinaan yang secara lokal dan teknis berada di dalam tanggung jawab PGI Wilayah.  Secara nasional PGI perlu membina kelembagaan dan fungsi keorganisasiannya sebagai basis gerakan oikumene di tingkat lokal.

Bidang Koinonia PGI bekerjasama dengan PGI Wilayah Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan ini dengan harapan POUK semakin berdaya guna bagi pengembangan kehadiran persekutuan gerejawi di kawasan pemukiman, khususnya  dalam rangka usaha membarui, membangun dan mempersatukan gereja di Indonesia.

Tujuan

Tujuan pelaksanaan Konas POUK ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengupayakan peningkatan pelayanan dan pembinaan bagi  semua POUK di seluruh Indonesia.
  2. Meningkatkan pemahaman tentang eksistensi POUK di daerah dan wilayah masing-masing
  3. Dicapainya persepsi yang sama dari semua  pihak tentang pengaturan penatalayanan dan pembinaan dalam lingkungan pelayanan POUK.

 

Ditulis oleh: Olvi Prihutami (Sekretaris Eksekutif Bidang Koinonia PGI)
Editor: Boy Tonggor Siahaan 

Tue, 22 Nov 2011 @10:14


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+3+3

Copyright © 2017 Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia · All Rights Reserved
powered by sitekno