Buku Seri Orang Muda Bicara Oikoumene (OMBO)

image

OMBO, apakah Itu? OMBO adalah sebuah singkatan, "Orang Muda Bicara Oikoumene". OMBO bukanlah OMDO (OMong DOang), plesetan anak muda. Seri OMBO ini, terbitan Departemen Pemuda dan Remaja (DEPERA) PGI, bukan sekadar buku yang cuma OMDO, tetapi isinya memang tulisan-tulisan orang muda yang membicarakan Gerakan Oikoumene dan mengajak orang-orang muda berpikir, bertutur, dan bertindak secara oikoumenis atau ekumenis (Inggris: ecumenical). Inilah buku Seri OMBO perdana: Kota Sebagai Oikos.

selengkapnya...

Thu, 30 Jun 2011 @09:10

Sosok Pejuang Abuna Elias Chacour

image

Entah mengapa di tengah dunia yang sudah sangat informatif seperti sekarang, masih begitu banyak warga yang melek informasi dari kota-kota besar di Amerika, Eropa, dan Asia, yang tidak sadar bahwa ada Umat Al-Masih, Yahudi, dan Druze yang mengaku sebagai "Orang Palestina." Padahal entah sudah berapa kali wilayah ini diliput, bahkan hampir setiap debu di tempat-tempat ini pernah dihirup oleh orang dari berbagai penjuru dunia. "Banyak orang ziarah setiap tahun ke Tembok Ratapan, Gereja Makam Kudus, atau Mesjid Kubah Emas, tetapi hanya melihat batu-batu suci, tanpa sadar bahwa di kitaran kunjungan mereka ada kami, batu-batu yang hidup," demikian keluh Abuna (Romo) Elias Chacour.

selengkapnya...

Mon, 27 Jun 2011 @10:16

Burned Alive - Kekerasan Atas Nama Kehormatan

image

Burned Alive merupakan sebuah kesaksian yang mengguncangkan, sebuah kisah nyata yang hampir tidak bisa dipercaya, mengisahkan tentang keberanian luar biasa dan ketahanan hidup seorang perempuan. Kisah ini juga merupakan sebuah panggilan untuk mendobrak tabu kebisuan yang membentengi praktik-praktik sangat brutal yang tidak mengindahkan nasib kaum perempuan, yang menjadi korban kekejaman adat-istiadat tradisional.

selengkapnya...

Fri, 24 Jun 2011 @23:47

Agama Sebagai Pengawal Moralitas, Masihkah?

image

Pertanyaan ini sangat menggelitik. Apalagi pada masa sekarang, khususnya di negeri kita terjadi kekerasan marak di mana-mana atas nama agama. Salah satu butir "Pernyataan Terbuka Tokoh-Tokoh Lintas Agama" yang disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 17 Januari 2011 adalah menyangkut kekerasan bernuansa agama. Bunyi pernyataan itu selengkapnya sebagai berikut: "Dalam Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945, cita-cita para pendiri bangsa telah sangat jelas tersurat, kemerdekaan sejati yang mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi segenap anak bangsa." Namun, hingga kini masih merebak kekerasan atas nama agama dan kelompok terhadap umat beragama dan berkeyakinan terhadap kebebasan berpendapat, dan insan pers; yang masih tampak dibiarkan oleh negara (negara tidak hadir).

selengkapnya...

Thu, 23 Jun 2011 @16:47

Spiritualitas Yap Thiam Hien

image

Yap adalah sosok orang yang pernah aktif dalam gereja, baik di tengah Jemaat, Sinode GKI, Dewan Gereja-gereja di Indonesia ( DGI/PGI) dan Dewan Gereja-gereja Se-Dunia (World Council Of Churches/WCC). Kiprah dan pikirannya kurang mendapat sorotan dari lembaga Gereja di mana ia bergabung dan melayaninya. Kiprah Yap di tengah perjuangan menegakkan HAM sering hanya dilihat sebagai seorang ahli hukum. Padahal kalau kita simak lebih jauh, kiprah Yap tidak lepas dari praksis imannya. Iman kepada Yesus Kristus bagi Yap tidak cukup hanya dipraktekkan dalam gereja. Terlalu sempit dan naif apabila praksis iman hanya dipraktekkan dalam gedung gereja dalam upacara ibadah. Kalau Yap banyak berkiprah di antara orang terkapar, ini tak berarti bahwa ia mengabaikan rumah ibadah. Ia tak mau dikungkung oleh rumah ibadah. Ia tak segan menegur pendeta dan pemimpin gereja yang bersikap tidak sesuai dengan Firman dan kebenaran.

selengkapnya...

Thu, 23 Jun 2011 @15:18

Mengapa Kami Tidak Memilih Relokasi?

image

Masalah relokasi tempat ibadah bukan hanya soal pilihan lahan relokasi yang ditawarkan oleh PemKot Bogor, meskipun letaknya jauh dari lokasi tempat tinggal jemaat Bapos Taman Yasmin, tetapi jauh lebih krusial adalah masalah tidak adanya kepastian hukum di Kota Bogor dan juga di wilayah lain dalam negara Indonesia tercinta ini.

selengkapnya...

Thu, 23 Jun 2011 @09:15

Ombudsman Panggil Wali Kota Bogor

image

Ombudsman Republik Indonesia memanggil Wali Kota Bogor Diani Budiarto terkait kasus Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin. Ombudsman menilai Diani sudah sangat melanggar terhadap apa yang fiputuskan Mahkamah Agung terhadap kasus GKI Yasmin.

selengkapnya...

Wed, 22 Jun 2011 @14:18

Relevansi Pemikiran Yap Thiam Hien Dalam Mewujudkan Masyarakat Berkualitas

image

Berbicara tentang pemikiran Yap Thiam Hien, saya mulai mengetahui pemikiran intelektual Pak Yap pada permulaan tahun 1960-an. Pada tahun 1962, saya menjadi Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan kerap mengadakan hubungan serta berdialog dengan Pak Yap sebagai anggota Yayasan UKI. Ketika itu ia tinggal di daerah Grogol.

selengkapnya...

Tue, 21 Jun 2011 @16:07

Konsultasi Regional Pemuda dan Remaja di Sulawesi

image

Keberagaman merupakan keniscayaan bagi Indonesia, Termasuk di dalamnya keberagaman sukubangsa dan agama. Sesuatu yang seharusnya menjadi kekuatan bagi keberlangsungan bangsa ini. Akan tetapi, keberagaman tersebut juga seringkali menjadi tantangan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara kini, khususnya ketika kita diperhadapkan kepada berbagai isu sosial seperti, kekerasan atas nama agama, narkoba, pelayanan remaja dan pemuda yang monoton, hubungan lintas sinode/gereja yang kurang, dll.

selengkapnya...

Mon, 20 Jun 2011 @15:01

Yap Thiam Hien: Pembela Kaum Lemah

image

Pada 14 Juni 2011 lalu, PGI bersama-sama dengan UKI, UKRIDA, GKI, BPK Penabur, dan STT Jakarta menyelenggarakan Yap Thiam Hien Memorial Lecture. Yap adalah seorang pengabdi hukum sejati. Ia mengabdikan seluruh hidupnya berjuang demi menegakkan keadilan dan Hak Asasi Manusia (HAM). Berikut ini adalah tulisan Pdt. DR. A. A. Yewangoe yang mengantar pada acara Yap Thiam Thien Memorial Lecture tersebut.

selengkapnya...

Mon, 20 Jun 2011 @13:08

Copyright © 2017 Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia · All Rights Reserved
powered by sitekno